Tuesday, June 21, 2011

story about life

Jakarta, 21 Juni 2011

Dalam hidup ini terdapat banyak kisah. sedih. senang. kecewa. lucu. seram. menegangkan. dan meski berbeda tapi tujuannya tetap satu. menjadikan manusia menjadi individu yang lebih dewasa. setiap kisah memiliki caranya sendiri untuk menjadikan manusia semakin dewasa. pepatah " roda selalu berputar. terkadang diatas dan terkadang dibawah. " benar adanya. hidup bagaikan gambaran monitor seseorang yang sedang koma. ia dinyatakan tetap hidup jika diagram atau gambaran "denyut" jantungnya berada diatas dan tidak lama lagi berada dibawah atau dengan kata lain naik-turun. maksudnya adalah tidak mungkin selamanya manusia merasakan bahagia dan selamanya merasakan sedih.

Hidup ku penuh dengan warna. warna-warni yang membuat dunia semakin cantik. kisah tentang percintaan. kisah tentang persahabatan. kisah tentang keluarga. bahkan kisah tentang diri sendiri. smua yang ku alamai tidak 100% sama dengan apa yang dialami orang lain. meski sama tapi tetap tidak seluruhnya sama. itu yang menjadikan tiap individu spesial dan berbeda. karna cara menjadi dewasa tiap manusia berbeda.
hidup adalah sekolah yang sesungguhnya. tempat dimana kita belajar. belajar menjadi individu yang lebih baik lagi. sama seperti sekolah pada dasarnya. ada yang saling menjatuhkan. ada yang berpura-pura manis padahal ingin menjatuhkan. ada pula yang tulus tapi tidak pernah dianggap.
aku belajar banyak hal. tidak smua yang ada dihati harus dikatakan. terkadang diam pun bukan emas. smua harus sesuai dan tepat dengan keadaan yang dialami. tapi. apa daya jika " HARUS " diam saat ingin bicara !?

Sampai saat ini aku masih belajar. belajar untuk menjadi apa yang ku inginkan. aku masih mencari. mencari apa yang ku inginkan. apa yang ku inginkan ???
tidak semua orang menyukai apa yang ku inginkan. ku tau itu. yang ku tidak tau hanya bagaimana caranya memberi penjelasan pada mereka kalau inilah yang ku inginkan dalam hidup.

Terkadang. kecewa yang teramat-sangat. protes. bahkan marah. kenapa apa yang ku inginkan selalu ditentang !? tidak boleh melakukan ini dan itu. aku hanya ingin melakukan apa yang ingin ku lakukan. dan aku butuh dukungan.
ku lakukan apa yang ku ingin lakukan untuk *paling tidak mencoba* membahagiakan mereka yang sayang pada ku dan mereka yang ku sayang. tapi kenapa dimata mereka smua selalu salah !?
tidak didukung. bahkan dicemooh dan dihina.

Namun pada akhirnya aku sadar. smua itu hanya ujian. seberapa kuat aku teguh pada keputusan yang sejak awal ku buat. seberapa yakin aku pada mimpi ku. satu lagi yang ku pelajari dalam hidup. " memahami meski tidak sejalan "

Meski pada akhirnya gagal. kegagalan juga memberikan banyak pelajaran. dan paling tidak sudah mencoba melakukan apa yang ku inginkan. satu pelajaran lagi. " menerima meski tidak ingin "

Sebenarnya kegagalan dalam hidup memberikan banyak pelajaran. hanya saja manusia terkadang lebih memilih bersedih dan kecewa dulu lalu baru menyadarinya daripada mencoba menyadarinya tanpa harus bersedih. pelajaran lainnya. " ikhlas meski tidak rela "

Dalam hidup banyak yang bisa dipelajari. bukan hanya dari kisah sendiri. tapi juga kisah orang lain.
berbagai cara dapat ku lakukan. dapat ku contoh dari pengalaman orang lain. mungkin itu kenapa orang tua ku super-amat-sangat cerewet tentang hidup.
ya. positive thinking. mereka tidak ingin aku melakukan apa yang pernah mereka lakukan dulu *dalam arti kegagalan mereka*. mereka tidak ingin aku melakukan kesalahan yang sama dengan yang mereka lakukan dulu. tapi jujur dan tidak dapat ku pungkiri. terkadang aku kesal. bahkan marah dan kecewa.
mereka melarang ku ini dan itu seakan mereka tidak percaya dengan kemampuanku. lagi pula. dunia mereka saat muda berbeda dengan dunia ku sekarang ini. dan kenapa juga mereka tidak membiarkan aku mencoba dan membiarkan aku tau apa yang terbaik bagi ku !?
well. aku tau mereka hanya tidak ingin aku terluka dan tersakiti juga kecewa. mereka ingin yang terbaik bagi ku. tapi apa itu setimpal dengan pelajaran yang ku terima !? apa yang terbaik menurut mereka terbaik menurut ku juga !?

Kalau kata orang, " orang bodoh pun tidak akan jatuh dilubang yang sama untuk kedua kalinya. "
jadi kalau aku jatuh bagaimana mungkin aku ingin jatuh di lubang yang sama untuk kedua kalinya !?
bagaimana mau "jatuh" lagi kalau tidak pernah "jatuh" !?
smua pasti ada harga yang harus dibayar bukan !?

Aku teringat pada kata-kata ku sendiri. " dua kali jatuh dilubang yang sama saja sudah bodoh apa lagi harus empat kali jatuh dilubang yang sama !? "
bodoh memang tapi tetap ada pelajaran yang bisa diambil. smua pasti ada pesan moralnya.

Ya...
Itulah hidup. kita yang tentukan. kita yang pilih. kita yang jalani. dan kita yang belajar.
kadang kita harus terbakar untuk merasakan api itu panas. meski ada beberapa yang bilang " kita tidak perlu terbakar untuk tau api itu panas. "
tapi aku tidak setuju ! *bagi ku* pelajaran yang paling membekas adalah praktek. merasakan sendiri luka. sakit. sedih. dan menderitanya. lalu menyembuhkan lukanya membuatku belajar bahwa terbakar tidak enak dan akhirnya belajar untuk lebih hati-hati agar tidak terbakar lagi. dengan mencoba sendiri terbakar aku jadi tau aku harus apa agar tidak terbakar lagi. lebih merasakan dan lebih mengerti.
Well...
Ini hidup ku. dan ini cara ku menjalaninya. ku lakukan smua hal. ku coba smua jalannya. dan ku ingin menikmati hidup ini dengan cara ku sendiri. mengisi tiap lembar hidup ku dengan berbagai kisah yang menarik untuk dikenang dan untuk dipelajari.
ini pilihan ku tentang hidup ku. bagaimana dengan mu !? (⌒˛⌒)

No comments:

Post a Comment