Sunday, June 05, 2011

obrolan 2 hati

Jakarta, 5 Juni 2011
Ini cerita tentang hidup ku 3minggu terakhir.
dia yang ku sayang memutuskan untuk mengakhiri segalanya. menjauh dari hidup ku. keluar dari permainan kami. tanpa 1 kata pun terucap. tanpa alasan yang jelas. tanpa apa pun yang membuat sakit dan shock itu bisa berkurang. yang ku yakini hanya 1, cerita ini berakhir sampai disini. aku terpuruk. jatuh dalam jurang sakit hati. semakin sakit hati dan bingung saat *ku yakin kata2 itu untuk ku* ia bilang tak punya jawaban atas smua pertanyaan ku.
firasat ku mengatakan, ia memutuskan untuk mengakhiri smua permainan ini karna tidak ingin ku terperosok dalam sakit hati yang lebih menyayat jika ini smua dilanjutkan.
dia laki-laki yang baik. laki-laki yang pantas dapatkan bahagia dalam hidupnya.

aku terpuruk. mencoba tetap tegar didepan teman-teman ku. karna mereka memang tidak tau apa yang ku alami. selain beberapa orang yang ku percaya.
sejak awal, sudah ku sadari ini salah. akhir yang menyakitkan yang akan ku terima. ku sadari itu smua. jauh sebelum ku putuskan untuk ikut bermain.
sebelum ia memutuskan untuk mengakhiri segalanya. aku sudah memutuskan untuk menyayanginya. sayang yang membiarkan dia memilih jalan hidupnya sendiri. mengikhlaskan semua yang akan terjadi nanti. menerima smua keputusan yang ia ambil.
tak lagi ku paksakan ke-egois-an dan keinginan ku padanya. ku biarkan ia memilih jalan hidup yang ia yakini.

obrolan ku dengan Yola, sahabat ku. jauh sebelum dia memutuskan untuk akhiri semuanya.
me : gw bener-bener ikhlas sekarang. mau gw paksain kayak apa pun gak akan pernah bisa kalau kata Tuhan dia bukan jodoh gw.
Yola : gw suka sama apa yang lo bilang td wi. yakin aja Tuhan punya rencana yang indah buat lo diakhir cerita ini. kalau bukan dia, pasti ada laki-laki lain yang jauh lebih baik dan lebih beruntung dapet cinta dan sayang dari lo.
me : thanks a lot, ai.
Yola : :)

aku sudah mempersiapkan diri untuk akhir yang paling buruk dari kisah ini. yang ku yakin hanya Tuhan punya rencana-Nya sendiri. ku lakukan yang terbaik. ku jalani smuanya.
sakit. senang. sedih. perih. tawa. tangis. smua ku lalui dengan amat baik. beberapa saat ego dan emosi menghilang. hanya ikhlas dan tulus yang tersisa dari cinta dan sayang ini.
semakin hari semakin sayang dan semakin ikhlas melepasnya untuk pergi mencari bahagia yang ia mau.
aku bukan gadis yang sempurna hanya saja aku mencoba untuk jadi yang terbaik dan ikhlas menerima kenyataan yang ada.

hari yang tak ku kira datang bagai badai yang mengguncang kota di siang hari yang terik.
meski sudah ku persiapkan segalanya. tetap saja sakit yang menusuk dan menyayat melukai dan melubangi hati yang hanya ada 1 ini.
tak ingin menangis. tapi aku hanya gadis lemah yang tak kuat menahan sakit hingga membiarkan airmata jatuh menemani hujan malam itu.
malam itu seakan tau apa yang ku rasa saat itu. di sunyi dan sepinya malam, hujan turun dengan deras. mengubur isak tangis ku dengan suara gaduh air hujan.

esoknya. ku paksa tersenyum meski sulit. bertemu dan kumpul dengan teman-teman dikampus. mencoba tertawa meski sebenarnya ingin menangis.
beberapa curiga dengan tingkah dan senyum yang ku paksa. tapi itu yang ku suka dari teman-teman di kampus. mereka menghormati privasi ku. membiarkan ku untuk memiliki waktu untuk menenangkan diri dan pada akhirnya akan bercerita sendiri.
smua yang ku lakukan hari itu seperti mimpi. ku lakukan tapi aku sama sekali tidak ingat persisnya melakukan apa.
seperti berada di ruang dan waktu yang berbeda.

obrolan ku dengan Nchi *Tika*, sahabat ku. 1 hari setelah ku lalui badai itu by phone.
me : nchi, dy mutusin untuk ninggalin gw *dengan suara yang menahan tangis*
Nchi : kok bisa sayang !?
me : nanti aja gw cerita lagi ga enak telpon dari telpon rumah.
Nchi : ok ! yang kuat ya sayang.
me : ok. thanks, Nchi.

ku ceritakan smua yang ada dihati. smua gundah. smua sakit. smua perih. smua luka. smua duka. smua pedih.
yang ku suka dari Nchi. dia mendukung smua keputusan ku sejak awal dengan alasan hidup ku aku yang jalani dan aku yang menentukannya sendiri.
♥ you much Nchi.

obrolan ku dengan Tante *Marsha*, sahabat ku. H+3 *kalau tidak salah* via BBm
Tante : uwi, sayang, kamu kenapa ?
me : daijoubu *bahasa jepang baik-baik aja*
Tante : jangan sedih-sedih ya wi. kalau udah siap cerita BBM aja ya sayang.
me : makasi banyak ya Te.
Tante : sama-sama sayang. aku yakin kamu kuat kok dan pasti bisa lupain dia.
me : aku coba. makasi banyak y Te.

Tante *Marsha* jadi salah 1 yang tidak begitu suka dengan pilihan ku. karna baginya laki-laki itu tidak pantas dapat cinta dan sayang dari ku.
bagi Tante, dia *laki-laki itu* hanya mau menyakiti ku. menjanjikan kebohongan.
kecewa. tapi kalau aku di posisi Tante saat itu, mungkin ku lakukan hal yang sama. karna sayang sahabat. mana ada sahabat yang mau sahabatnya menderita dan tersakiti hingga mengatakan ingin mati !?

obrolan dengan Nchi. tanggal 30 Mei 2011 *saat rindu itu menyerang dengan hebatnya* via mention twitter.
me : pengen nangis dipeluk Nchi.
Nchi : krna dia lg syg????sini..sini...come to mami marsya *huugg..
me : mungkin karna tadi liat dia.. kangen dan ga bisa boong.. tapi pengen move on.. salah ya kalau marah sama Tuhan yang biarin gw sayang sama dia !?
Nchi : ya ud nangis ja ui,puas2in...nangis bs sdkit ngurangin skit lo..kl bwt mrah ma tuhan,,ga tpat deh kayanya..krna smuanya plihan lo...
me : iya nchi ini lagi nangis.. iya, pilihan gw dan emang harus ditanggung smuany.. sekarang berharap Tuhan ga pernah kasih anugrah cintanya ke gw..
Nchi : ga bleh berhrap kaya gtu...cinta emg ga selalu indah syg...kan saat kita milih cinta sm org tu,,saat itu pula hrus siap khilangan..
me : egois ya nchi !? :') mungkin efek kelamaan jomblo dan pura2 kuat.. jadi sekalinya sayang malah salah orang..
Nchi : diblg egois c ga,,cma ga baik aja kl harapan lo gtu... lo bs brpura2 kuat krna saat itu lo syg bgt ama dia,syg..jd skrg hrs kuat jga
me : bener2 terpuruk.. apa ini karna terjadi H-21 ultah gw !? atau hanya iri pada mereka yang punya pasangan !? tahun ini ultah yang bener2 bencana..
Nchi : lo terpuruk krna kejadiannya baru syg...ntar perlahan2 juga ilang syg..mungkin bs krna iri,,n krna lo kngen pngen disygin ama org...
me : mungkin.. harapan dia jadi orang pertama yang bilang "happy b'day" udah ga mungkin lagi.. apa harus 7tahun lagi !? Ya Tuhan.. uwi ga sekuat itu..
Nchi : udh jgn dipikirin...ga lah 7tahun syg..gw yakin ntar psti ada org yg bs gantiin posisi dia..skrg itu bru b2rapa hari,,jd msh brat...
me : ga tau setelah ini bisa buka hati untuk sakti hati lagi atau ga.. mau jatuh cinta harus siap sakit hati kan !? ga tau bisa atau ga.. 弱いよね?
Nchi : pasti bs syg..skrg lo ga bs krna msh skit...perjalanan msh panjang,,jgn cuma krna dia lo jd gini...semangat syg ku...
me : berharap bisa kayak film2 tinggal tulis "beberapa bulan kemudian" atau "beberapa tahun kemudian" biar cepet basi smua cerita dan sayang ke dia..
Nchi : realitas dikit mikirnya syg...jgn ngayal yg aneh2 deh..sholat aja sana syg...
Me : hahah.. biar cepet dikit nchi.. bener kata lo karna baru beberapa hari jadi masih sakit banget.. firasat gw bilang dia mau nikah.. ikhlas.. jujur..
Nchi : ya tp mana bs...kl bs wktu diatur2,,gw juga pngen ga kenl org itu..hahaha koq bs brfirasat gtu??
me : ga tau firasat aja.. sumpah demi apa pun.. demi Tuhan pun rela.. ikhlas kalau itu yang terbaik buat dia tapi tetep ga bisa boong kalau sakit banget..
Nchi : ya iya lah psti skit syg...wlaupun ikhlas pasti tetep skit mah tetep ada...

ku cinta dia. ku sayang dia. Tuhan ku mohon jaga dia.
kini, itu doa ku tiap malam. tak rela mendengar ia sakit dan tersakiti. ku ingin ia bahagia. meski bukan karna ku.

obrolan ku dengan niichan *kakak laki-laki ku* via sms.
Niichan : Lg ngpain.?
me : lagi kangen sama kk jelek ku :'(
Niichan : Halah...ud lpain aj dy...ngpain jg d kngnin
me : T___T
Niichan : Gmbr mka mlu...ud lpain ja...dd pnts dpt yg lbh baik
me : dia juga udah baik kok niichan :'( gw yang jahat malah.
Niichan : Hmm...emng dd jht ny dmn
me : udah sayang sama kk jelek :( ihk kangen banget sama kk jelek T___T
Niichan : Mmm...males dah klo ud bgni...dd msh ad hub ma pnjahat itu..
me : kok penjahat sih !? :'(
Niichan : Iy lah...dy mtusin dd...ap lg nmany klo bkn pnjht...bgus ga gw ksh sbutn yg lbh buruk...dd msh cntac2an ma dy?
me : ga. tapi justru itu yang bikin sakit da kangen. Niichan jangan buat sebutan yang aneh-aneh kenapa sih T___T

wajar sebenarnya seorang kk yang sayang adiknya marah saat adiknya disakiti orang lain. tapi kali ini aku kecewa pada Niichan.
mungkin sayang ku pada dia sudah benar-benar melebihi batasnya. tapi ku harap tidak berlebihan.
ku hanya ingin ia dapat yang terbaik.

setiap rindu itu datang, Nchi orang pertama yang ku panggil untuk menemani ku menangis. baik via mention twitter, wall FB, sms atau pun telpon. tak ada bosannya ia mendengar smua keluh kesah ku yang nyaris sama.
mungkin Nchi bosan. tapi *makasi* ia tidak pernah mengatakannya.

obrolan ku dengan Nchi, Ney, Tifa dan Daisy di kampus.
. . . .
me : kalau harus cerita kenapa lagi dari awal, rasanya seperti lo punya luka yang belum kering tapi udah dikorek dan dilukain lagi. itu sakitnya bisa sampe 4x lebih sakit dari pertama kali ngerasa sakit.
Ney : setuju.
Nchi : sadar ga sih !? kalau kita sayang sama orang dan saat kita ngerasa disakitin dan hati pun sakit, itu tandanya kita mengharapkan imbalan atau balasan yang ga pernah kita terima. bukannya itu ga tulus ya !?
me : *mikir*
Nchi : kalau tulus, kenapa harus ngerasa sakit kalau kenyataan berkata lain. yang namanya tulus itu kan memberi tanpa mengharap imbalan bukan !?

smua yang dikatakan Nchi saat itu benar-benar merubah cara pikir ku yang saat itu masih terpuruk dan belum bisa menerima kepergian dia yang ku sayang.
definisi kata tulus selalu ter-ngiang dalam ingatan. ku ubah pola pikir dan cara ku menyayanginya.
berusaha untuk melepaskan smua rasa sakit hati dan mengikhlaskan segalanya.

obrolan ku dengan Esti, sahabat ku via sms malam ini.
me : ti, gw kangen dia. tapi gw ga mau ganggu dia. dia yang minta gw kluar dari hidupnya.
Esti : Ehmm egois s'x dy yaa. gda minta maaf ato apa gt ma lu?
me : ga. buat apa juga dia minta maaf !? toh gw yang salah. dia berhak untuk pilih jalannya untuk bahagia.
Esti : It mk.nya w blg egois. emg lu jga slah tp dy jga dgn sengaja nyuruh lu trlbat lbh jauh dlm hdup.nya shrus.nya dy minta maaf krn uda nyktin lu ..
me : ini jalan yang gw pilih ti. dari awal gw udah siap dengan smua resikonya.
awalnya mungkin sakit tapi sekarang gw belajar ikhlas karna gw sayang dia tulus dan ga ngarep balesan. cuma kangen ngobrol sama dia yang buat gw gila. kalau bukan jodoh. ga bisa gw apa-apain lagi..
Esti : Yaa ini buat lu jd mkin kuat. seengk.nya lu uda perna mlikin dy wlpun sbntar ..
me : iya ti. ini smua buat gw semakin kuat :')
Esti : Blajar trsnyum buat dy, klo emg lu tlus ma dy jgn c0ba ngjauh dr hdup.nya .. jgn perna coba buat lari .. dy co, w yqn dy bsa nlai yg trbaik .. Tnpa d ungkpin co jg bsa tau mna yg tlus dan mna yg ga ..
me : makasi banyak ya ti.
Esti : iy samisami sayaaang

dari smua ini, aku tau mereka sayang dan peduli pada ku. ku hargai smua perhatian mereka , sahabat-sahabat ku.
dan dari smua obrolan 2 hati yang ada, hanya obrolan ku dengan kk jelek yang tidak ku publish.
kenapa !? karna biarkan hanya aku dan dia yang tau. ku ingat smua yang ia katakan pada ku. setiap pujian. setiap amarah. setiap kecewa. setiap kesal. setiap keluhan. setiap keceriaan. setiap kesedihan. setiap lelucon. setiap kebanggaan. setiap cerita. ku ingat smua.
tak mungkin ku lupa. sayang dan cinta.

kini ku hanya berharap aku bisa terus melangah dan kuat menyimpan smua memori tentang mu dalam hati ku.
ku harap dia bahagia dengan pilihannya. aku hanya bisa berdoa dan meminta pada Tuhan untuk terus menyayanginya. melindunginya dan menuntunnya dalam jalan yang baik dan bahagia.
lewat sayang Tuhan padanya ku titipkan sayang ku yang tanpa batas. Jika Tuhan sayang padanya tanpa mengharap balasan, begitu pun aku. aku sayang dia tanpa mengharap ia sayang pada ku.
ku serahkan smua pada rencana dan keputusan Tuhan. jodoh dan hari esok masih misteri.
aku punya harapan meski sedikit. aku tidak berhenti berharap apa lagi berhenti berjuang. aku hanya meng-ikhlas-kan dan menghormati keputusan yang sudah dia buat dan sudah ia pilih dalam pencarian kebahagiaan abadi yang ia inginkan.

I know you know, my lovely kk jelek. . .

No comments:

Post a Comment